PLN JASER
Lingkup Usaha PT PLN (PERSERO) JASA SERTIFIKASI

Lingkup kegiatan bisnis PLN Jasa Sertifikasi adalah :

  • Sertifikasi kelaikan instalasi pembangkit tenaga listrik
  • Sertifikasi kelaikan instalasi jaringan
  • Sertifikasi produk (SPM)
  • Sertifikasi sistem mutu

  • Sertifikasi sistem manajemen lingkungan

  • Komisioning pembangkit dan jaringan

  • Sertifikasi Sistem Manajemen OHSAS
  • SERTIFIKASI LAIK OPERASI INSTALASI TENAGA LISTRIK

    Sebagai institusi di bidang ketenagalistrikan yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional - Badan Standarisasi Nasional (KAN-BSN) dengan nomor LI - 026 - IDN dan sesuai dengan SNI/ISO/IEC:17020, PLN Jasa Sertifikasi melakukan inspeksi/komisioning dan mengeluarkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) sebagai  pengakuan formal secara profesional untuk suatu instalasi ketenagalistrikan terhadap persyaratan teknis, kontrak dan operasi sebelum dioperasikan. Pengakuan formal yang diperoleh tersebut sekaligus merupakan dukungan terhadap keamanan, keandalan instalasi serta akrab lingkungan. Kegiatan inspeksi/komisioning dilakukan antara lain terhadap :

    • Peralatan dan instalasi pembangkit tenaga listrik yaitu PLTU, PLTGU, PLTG, PLTMG, PLTP, PLTD, PLTA, dan PLTM.
    • Peralatan dan instalasi jaringan yaitu SUTET, SUTT, GI, SUTM, GD, JTR, dan instalasi bangunan komersial.

    Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 1971 sampai sekarang yang meliputi serah terima barang dan instalasi pembangkit listrik, gardu induk dan transmisi milik PLN dan non PLN  diseluruh Indonesia.

     

    KOMISIONING/INSPEKSI PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DAN JARINGAN

    Komisioning/inspeksi teknik ketenagalistrikan terhadap kesesuaian persyaratan tertentu atau persyaratan umum berdasarkan pembuktian secara profesional.

    Komisioning/inspeksi teknik dilakukan sejak tahun 1971 terhadap instalasi pembangkit listrik dan jaringan milik PLN maupun non PLN yang meliputi:

    • Peralatan dan instalasi pembangkit tenaga listrik yaitu PLTU, PLTGU, PLTG, PLTMG, PLTP, PLTD, PLTA dan PLTM.
    • Peralatan dan instalasi jaringan yaitu SUTET, SUTT, GI, SUTM, GD, JTR dan instalasi bangunan komersial.
    • Peralatan dan instalasi mesin industri yaitu Turbin, Boiler dan Heat Exhanger.

    SERTIFIKASI PRODUK

    Sertifikasi produk  adalah salah satu kegiatan PLN Jasa Sertifikasi yang lebih dikenal sebagai kegiatan Sistem Pengawasan Mutu (SPM). Kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 1975 pada saat lembaga ini berstatus sebagai Pusat Penyelidikan Masalah Kelistrikan (PPMK).

     

    Sampai saat ini Lembaga Sertifikasi Produk (LSPr-LMK) telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN-BSN) sesuai dengan BSN 401-2001.

     

    Logo <> LMK<> tercetak pada produk-produk peralatan listrik yang telah diawasi mutunya oleh PLN Jasa Sertifikasi dan telah memenuhi persyaratan serta spesifikasi teknis tertentu menurut standar yang berlaku. Sertifikat SPM yang diterbitkan antara lain untuk produk-produk :

    - Kabel listrik

    - kWh meter

    - Mini Circuit Breaker (MCB)

    - Isolator dan konektor

    - Transformator distribusi

    - CT / PT

    - Aksesoris

    - Kotak APP

     

    Disamping itu sebagai Lembaga Sertifikasi Produk juga menerbitkan tanda Standar Nasional Indonesia (SNI) pada produk-produk :

    -   Kabel listrik

    -   Mini Circuit Breaker (MCB)

    -  Saklar, Kotak Kontak dan Tusuk kontak

     

    SERTIFIKASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DAN LINGKUNGAN

    Sebagai Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu dan Sistem Manajemen Lingkungan, PLN Jasa Sertifikasi melaksanakan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Sistem Manajeman Lingkungan ISO 14001:2004 khususnya bagi internal PLN, namun tidak menutup kemungkinan jika diminta oleh kalangan non PLN. Akreditasi untuk bidang tersebut diperoleh dari Komite Akreditasi Nasional dengan nomor akreditasi  LSSM-011-IDN dan LSSML-009-IDN.

     

    Lembaga sertifikasi sistem manajemen mutu dan sistem manajemen lingkungan memfokuskan pada lingkup peralatan listrik dan peralatan optik, penyediaan tenaga listrik, teknologi informasi serta jasa enjiniring dan didukung oleh auditor yang kompeten dan berpengalaman terutama pada sektor ketenagalistrikan sehingga mampu mendukung dan memberi nilai tambah pada proses sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001.

     

    Dalam melakukan kegiatan sertifikasi, lembaga ini berpegang pada prinsip-prinsip profesionalisme, ketidakberpihakan, bebas dari konflik kepentingan serta menjamin obyektivitas sehingga mampu memberi kepercayaan, keyakinan serta kepuasan bagi pelanggan.

     


    Sejarah
    Visi & Misi
    Manajemen
    Akreditasi
    Lingkup Usaha
    UU Sertifikasi
    Web Email
    link
    178024
       
     
    Apakah anda puas dengan pelayanan kami ?
    1 . Sangat Puas
    2 . Cukup puas
    3 . Biasa saja
    4 . Tidak puas